Musi Hutan Persada

Pelatihan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja PT. Musi Hutan Persada

Selasa, 06 September 2016 09:22 WIB

Accacia Mangium Center

Keselamatan dan Kesehatan Kerja menjadi bagian penting dalam segala aspek kegiatan di sebuah perusahaan. Oleh karena itu, perlunya penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja, guna terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif.

Bertempat di Accacia Mangium Center, Pendopo, Kabupaten PALI, telah dilaksanakan pelatihan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) pada karyawan khususnya P2K3 PT. Musi Hutan Persada oleh Disnaker PALI bekerjasama praktisi dari PJK3 PT. Sases, yang berlangsung dari 22 s.d 23 Agustus 2016.

Pelatihan yang materinya mengacu pada UU No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan PP 50 Tahun 2012 tentang Penerapan SMK3, diikuti karyawan PT. Musi Hutan Persada ini bertujuan untuk memahami standar manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja di lingkungan kerja, khususnya di lingkungan kerja PT. Musi Hutan Persada.

Melalui pelatihan SMK3 di PT. Musi Hutan Persada, karyawan dapat meningkatkan efektifitas perlindungan keselamatan dan kesehatan kerja yang terencana, terukur, terstruktur, dan terintegrasi. Mencegah dan mengurangi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dengan melibatkan unsur manajemen, pekerja/buruh, dan/atau serikat pekerja/serikat buruh. Serta menciptakan tempat kerja yang aman dan efisien untuk mendorong produktivitas kerja.

"diharapkan setelah pelatihan SMK3 di PT. Musi Hutan Persada, khususnya P2K3 dapat menyusun SMK3 dengan baik dan bisa melakukan pemeriksaan serta audit K3 diseluruh divisi dengan tujuan agar menghindari terjadinya kecelakaan (zero accident) dan penyakit akibat kerja" - ujar Rahmat Irawan sekalu Ketua Pelaksana Pelatihan SMK3.