Musi Hutan Persada

Gotong Royong Penghijauan Bersama Suku Anak Dalam (SAD)

Senin, 19 Februari 2018 11:24 WIB

Sekolah merupakan sarana pembelajaran, tempat menuntut ilmu, serta menjadi wadah yang tepat untuk para siswa belajar bersosialisasi dan berkomunikasi. Oleh karena itu pentingnya menjaga Sekolah agar tetap bersih dan nyaman bagi para siswa merupakan tanggungjawab bersama. Hal tersebut juga berlaku di Sekolah SAD yang berada di kawasan konsesi PT. Musi Hutan Persada (MHP), area kerja Unit XV Keruh I, Kecamatan Muara Lakitan, Kabupaten Musi Rawas. Sumatera Selatan.

Sekolah Dasar (SD) SAD ini merupakan bantuan dari pemerintah dan memiliki 2 orang guru yang diperbantukan dari SD Negeri Desa Harapan Makmur dan masih berstatur honor dan 1 orang guru lainnya yaitu guru agama yang diperbantukan langsung dari Kementerian Agama di Jakarta dan setiap tahunnya dilakukan pergantian. Jumlah siswa SD ini menurut jumlah anak SAD adalah 38 orang namun yang aktif hanya 28 anak.

Dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan Sekolah SAD yang terletak di pemukiman SAD, serta mengajarkan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kepada anak-anak SAD. Maka Tim CSR MHP bekerjasama dengan Ketua SAD (Nawi dan Mansari) untuk melakukan kegiatan gotong royong bersama membersihkan lingkungan Sekolah SAD.

Kegiatan gotong royong ini dilaksanakan pada hari Minggu, 28 Januari 2018, di lingkungan Sekolah SAD. Selain membersihkan sampah, Tim CSR MHP bersama dengan SAD juga membersihkan semak belukar yang berada dibelakang bangunan Sekolah dengan menggunakan peralatan manual seperti parang dan sapu lidi, dan kegiatan gotong royong ini juga berlanjut hingga ke area lingkungan sekitar Balai pertemuan SAD.

Setelah Lingkungan Sekolah SAD & Balai SAD bersih, dilanjutkan dengan melakukan penanaman bibit Multipurpose Tree Species (MPTS) yang telah disiapkan Tim CSR MHP berupa bibit tanaman Durian, Petai, Duwet, Bungur, Jambu bol dan Jengkol yang ditanam di halaman depan dan belakang Sekolah SAD, Balai SAD, serta di jalan setapak pemukiman SAD.

Lewat kegiatan gotong royong bersama SAD ini bertujuan untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan memberikan contoh kepada anak-anak SAD pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, agar nantinya apa yang kita tanam bersama hari ini bisa dinikmati anak-anak SAD di 5 atau 10 tahun kedepan.