Musi Hutan Persada

APEL SIAGA PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN 2018

Selasa, 03 Juli 2018 11:14 WIB

Apel siaga pencegahan KARHUTLA 2018

Muara Enim – Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) sudah dipersiapkan PT. Musi Hutan Persada (PT MHP), mulai dari sistem, organisasi, personel terlatih hingga sarana prasarana. Hal ini terlihat dalam apel siaga pengendalian kebakaran hutan 2018 di Unit 5 Sodong, Wilayah I Subanjeriji, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Muara Enim (3/5).

Kepala Dinas Kehutanan Sumsel, Pandji Tjahjanto S,Hut. M,Si, mengapresiasi kesiapsiagaan PT. MHP dalam mengantisipasi Karhutla menyampaikan “Kalau semua pihak bahu-membahu mengantisipasi karhutlah, kami yakin tak akan ada asap di Sumsel, hutan pun terselamatkan dari kerusakan. “Beliau mengingatkan semua perusahaan untuk secara dini menyiapkan antisipasi kebakaran hutan dan lahan dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada”.

Dirut PT. MHP, Takuya Kuwahara menyampaikan diusia PT. MHP yang ke-28, perusahaan sangat peduli dan siap terhadap pengendalian kebakaran hutan, serta sigap mencegah sedini mungkin jika ada asap yang terdeteksi. Direktur Eksternal Affair, Muhammad Aminullah juga menambahkan bahwa apel siaga ini untuk menunjukan dan menyampaikan bahwa PT. MHP siap untuk mendukung program pemerintah dalam pencegahan dan pengendalian karhutla dan menyambut Asean Games 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Palembang, Sumatera Selatan.

PT. MHP juga telah membentuk dan melatih Masyarakat Peduli Api (MPA) di desa yang berada di dalam dan sekitaran area kerja perusahaan yang berada di 7 kabupaten Provinsi Sumsel, serta secara berkesinambungan didukung oleh aparat kepolisian, TNI, KPH dan instansi terkait dalam melakukan penyuluhan di berbagai tempat .

Sementara itu, Apel Siaga Api 2018 ini diikuti kurang lebih 500 peserta. Diantaranya dihadiri dari anggota Satdalkar dan karyawan PT. MHP, Satuan Bantuan PT. MHP, KPH, TNI, Polri dan BPBD, pihak kecamatan, MPA, desa serta tokoh dan anggota masyakarat.