Serah Terima Bantuan Kepada Taman Baca Eucalyptus di Talang Tomi Unit 2 Merbau
Suasana kegiatan di Rumah Baca Talang Langsatan Desa Gemawang Unit 3 Gemawang
Bantuan pembangunan gerbang menuju SMP Negeri Desa Gemawang
Foto bersama siswa/i SMP Wana Lestari

Ketika regulasi menuntut perusahaan agar melaksanakan program CSR, MHP telah berkomitmen tidak hanya sebatas pemenuhan regulasi, tetapi juga sebagai komitmen untuk berkontribusi dalam pembangunan berkelanjutan. Di samping itu, pelaksanaan CSR memiliki keterkaitan dengan semakin baiknya kinerja perusahaan.

Dalam upaya pengembangan pendidikan bagi masyarakat  yang ada didalam kawasan dan sekitar  kawasan  IUPHHK - HTI, MHP telah mendirikan yayasan SMP Wana Lestari yang secara areal kerja perusahaan berlokasi di Wilayah I – Subanjeriji, Desa Suban Jeriji Kecamatan Rambang Niru Kabupaten Muara Enim. Disamping mendirikan yayasan pendidikan, MHP juga berperan aktif dalam pembangunan sarana prasarana pendidikan lainnya seperti  membantu  honor guru sejak tahun 2004 (131 guru untuk seluruh area MHP), pembangunan  cor jalan  setapak  SMP Negeri Desa Gemawang pada tahun 2019, bantuan sarana Rumah Baca Eucalyptus di Talang Tomi, bantuan sarana belajar di rumah baca Talang Langsatan Desa Gemawang dan bantuan sarana belajar untuk anak – anak di pemukiman SAD.

Yayasan Pendidikan Wana Lestari yang dibentuk melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan kebudayaan RI no. 855 / I 11 / F / 1993,  bertujuan  untuk mengelola sekolah setingkat Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) guna membantu generasi penerus bangsa yang berada di daerah terpencil  untuk dapat meneruskan dari jenjang SD ke SLTP, mengingat Desa Subanjeriji dan sekitarnya  belum memiliki SMP Negeri dan Swasta.

Pada saat itu, untuk mendapatkan izin operasional dan pengakuan dari Kanwil Depdikbud Tingkat I Sumatera selatan,  sekolah ini yang tadinya hanya mendapat bantuan pinjaman gedung  dari desa,  seiring waktu berjalan hingga saat ini Yayasan Wana Lestari telah memiliki ruang kegiatan belajar mengajar sendiri yang dibangun oleh MHP. Pada awal dibentuknya SMP ini tenaga pengajar adalah karyawan MHP yang diberikan SK khusus untuk mengajar. Kemudian ditempatkan guru berstatus honor untuk mengajar yang dibayar setiap bulannya oleh MHP melalui Yayasan Wana Lestari. Sedangkan untuk biaya operasional sekolah menggunakan dana BOS (Biaya Operasional Sekolah ) dari Pemerintah.

Saat ini jumlah guru yang ada di SMP Wana Lestari berjumlah 17 orang yang berasal dari Desa – desa sekitar kawasan IUPHHK- HTI MHP dengan jumlah siswa sebanyak 227 berasal dari Talang, Dusun dan Desa yang ada dalam kawasan konsesi MHP dan telah meluluskan sebanyak 1.473 siswa sejak didirikannya SMP Wana Lestari 25 tahun yang lalu. Jumlah gedung untuk kegiatan belajar mengajar sebanyak 2 gedung besar, satu gedung  terdiri  untuk 1 ruang untuk kantor dan 1 gedung laboratorium serta 1 unit gedung untuk kegiatan belajar mengajar telah di rehab pada tahun 2018 dengan nilai Rp. 205.000.000 tahun 2019 senilai Rp.350.000.000 untuk perehaban gedung laboratorium dan pembangunan.

 

 

Share: